Kamis, 11 Maret 2010

MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAW

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang dilangsungkan di Masjid Al-Hidayah Blok AGriyaMartubung 2 iniberjalandenganHikmat. Tepattgl 14 RabiulAwal 1431 H atau 28 Februari 2010 M, hariAhad .Cuacapagiitubegitucerah, secerahhatiparaWarga Muslim Blok A.

PadaPidatosambutanKetua STM al-HidayahmenjelaskanbahwasebelumnyaMesjid Al-HidayahinimasihberstatussebagaiMushollah, danditandaidenganPrasastiperletakanBatuPertama yang di tandatanganiolehWakilGubernur Sumatera Utara, H. GatotPudjonugroho, ST saatkedatanganbeliaupadatanggal 1 April 2009 yang lalu di acaraPerletakanBatuPertamaMushollah Al-Hidayah. SeiringdenganperkembangandanbanyaknyamasukankepadaPanitia Pembangunan Mushollahuntukmerubah Status Mushollahmenjadi Masjid.Usulantidakhanyaberasaldarilingkungan Blok AGriyaMartubung 2, tetapijugadatangdariluarlingkungan Blok A GriyaMartubung II. Suatuketikaada yang mampirkeMushollahuntukSholatdzuhur, setelahberbincang-bincangdenganPanitia Pembangunan MushollahtercetususuluntumerubahMushollahmenjadi Masjid.Demikianjugausulan-usulanlainnya.Dan ususlan-usulantersebut di tamping olehPanitia Pembangunan Mushollah.DalamsebuahMushawarahKetua Pembangunan Musholah Al-Hidayah (M. BeringatTarigan) mengajukanwacanauntukmerubah status Musholahmenjadi Masjid, meskipunbelumada kata sepakatuntukhaltersebut.Seiringdenganperjalananwaktudanhal-halbekembanglainnya, bebarapabulan yang lalujamaah yang seringhadiruntukSholatFardhuberjamaah yang sebagianbesarPanitia Pembangunan MushollahdanPengurus STM Al-Hidayah, sertawargalainnya, sepakatuntukmemulaimenggantisebutanMusholllah Al-Hidayahmenjadisebutan Masjid Al-hidayah agar Proses Perubahan status inidapatsegeraterealisasikendatisecaraAdministrasibelumdirubah.

Sampaisaatinikitasudahterbiasamenyebutnyadengan Masjid Al-hidayah.Akhirnyadiputuskanllah status berubahmenjadi Masjid Al-hidayahdaninidibuktikandibeberapaAdministrasisduahmenggunkanistilah Masjid Al-hidayah.BegituPentingkah Status tersebut?KalaukitakembalikemasaRosulullah Saw, saatpertama kali beliaumendirikan Masjid.Hanyaadaistilah Masjid tidakadaistilah yang lain. Secarabahasa Masjid artinyatempatSujud, bahkanada yang berpendapatbahwabumi Allah iniadalah Masjid kaenadapatdijadikantempatsujud.Tetapikembalikitamemahamiesensi masjid yang sebenarnya.PadaMasaRosulullah, parasahabatdangenerasisetelahnya, Mesjiditumerupakansuatutempat yang memilikibentukbangunan. Di dalamnyatidakhanyapelaksanaanSholatFardhutermasukSholatjum`at, tetapi Masjid multifungsi, Masjid sebagaitempatMusyawarah, mengaturstrategiperang (saatitubanyakpepepranganmelawankaumkafir), sebagaiMadrosah (Sekolah) pendidikan, jugasebagaitempatpengobatan.Hampirsebagianbesarkegiatan di pusatkan di Masjid.Ada beberapadaerah di negerikita Indonesia inimenjadikan Masjid sebagaitempatwalimahtulurusy (Pernikahan).Kalaumau di kaji-kajipernikahanjugamerupakansunnahRosul.

Ust. Dr. H HasanMansyurNasution, MA sebagai Nara Sumberdalam session dialog interaktifpadaacaraPeringatanMaulidNabitersebut, menjelaskanbagaimana Masjid yang ideal itu, di anataranyaMesjidituharusbersih, rapi, tempatwudhudantoiletnyajuga rapid an bersih, danusahakan agar orang nyamandanbetahberibadah di dalamnya, Agar Masjid mempunyadayatarikbagiparajama`ah. Padakesempatan.

Alhamdulillah ustadzkitasenantiasamembukadiribagikaummuslimiuntukmenanyakankepadabelliaupersoalantentangseputaranMesjid, danbeliaumenginformasikannomorhandphonnyauntukdapatdihubungidan di Tanya kapanpun.MenurutbeliauSebuah Masjid ituharus di menejemenisecara professional danbaik agar fungsi masjid itudapatbenar-benartepat.Karenaketerbatasanwaktuacara dialog inihanyadibatasisampaipukul 12 siang.

Harapan kami selakuPanitia Pembangunan Masjid Al-hidayahkiranyakaummuslimin di manapunberadadapatberkonstribusimengirimkanInfaqsodaqohnyauntukpembangunan Masjid kitaini.Sumbangandapat di salurkanlangsungkepadaPanitiakontakPerson : M. BeringatTarigan (08126484259) Effendi Saleh (08126518391)Marzaini (081263555788)Budi yanto(085275086086)atausalurkankerekening Masjid an/ Effendi Bank SyariahMandiriCabangUtamaJln. Jend A YaniMedanNo.rekening : 0067058661….

JazakallahKhoironKatsiroh:

, Agar Masjid mempunya daya tarik bagi para jama`ah. a.elaskan bagaimana Masjid yang ideal itu, di anataranya Mesjid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar